4 Fakta Telepon Pintar Yang Bisa Bikin Kamu Pikun Usia Dini 2019

Selama ini anggapan bahwa radiasi Telepon Pintar bisa menyebabkan penyakit pada otak dan ingatan sering dianggap hoax
From Shutterstock Use By GawaiDL
Selama ini anggapan bahwa radiasi Telepon Pintar bisa menyebabkan penyakit pada otak dan ingatan sering dianggap hoax. Namun, sebuah penelitian resmi baru-baru ini berhasil membuktikan kebenarannya.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan di Swiss Tropical and Public Health Institute (Swiss TPH) sukses membuktikan kebenaran dari adanya bahaya radiasi smartphone looh! Jadi buat kamu yang selama ini masih kurang percaya sama berita simpang siur soal bahayanya Telepon Pintar, kini bisa lebih hati-hati karena ternyata, kamu yang berusia masih muda bisa mengalami pikun dini cuma gara-gara smartphone!

Berikut 4 fakta Telepon Pintar yang bisa menyebabkan pikun dini.

1. Sering Bertelepon di Telinga Kanan

Hasil penelitian Swiss TPH juga mengungkap fakta yaitu kecenderungan pengguna smartphone, terutama generasi muda, menggunakan smartphone di telinga bagian kanan entah untuk bertelepon ataupun aktivitas lain. Ternyata, hal itu sangat berpengaruh pada lebih cepatnya kerusakan ingatan!

Jaringan kulit dan otak yang ada di sebelah kanan ternyata lebih mudah menyalurkan gelombang yang dihasilkan dari radiasi smartphone. Hasilnya, dampak buruk radiasi tersebut semakin mudah menjangkit pengguna. Salah satu yang paling terlihat efeknya adalah penurunan fungsi otak dalam mengingat alias pikun di usia dini.

2. Radiasi RF-EMR

Penyebab utamanya tentu aja adalah radiasi. Ya, pancaran gelombang alias radiasi yang berasal dari smartphone bisa menyerang dan membahayakan otak penggunanya. Apalagi kalau kamu menggunakannya dalam jangka waktu lama atau secara terus-menerus.

Radiasi bernama RF-EMR adalah radiasi yang bisa kamu alami jika menggunakan smartphone secara berlebihan. Radiasi ini menyebabkan penampilan ingatan figural kamu rusak dan menurunkan kemampuan otak dalam mengingat bentuk-bentuk abstrak. Gak heran kalau generasi jaman now kini banyak yang mudah lupa dan jadi cenderung teledor.

3. 3G ke 4G ke 5G = Lebih Berbahaya

Perkembangan jaringan internet yang lebih cepat dan canggih tentunya dinantikan nyaris semua orang. Di Indonesia sendiri juga jadi salah satu negara yang menantikan masuknya jaringan 5G untuk bisa digunakan masyrakat. Meskipun pada kenyataannya, jaringan 4G sendiri penyebarannya belum terlalu merata di Indonesia.

Sayangnya, semakin canggih jaringannya ternyata malah memberi risiko lebih besar alias membahayakan kesehatan penggunanya lho. Penelitian Swiss TPH menyebutkan frekuensi 5G dirancang menggunakan frekuensi radio lebih tinggi yang mana gelombang sangat pendek 5G akan lebih mudah diserap kulit.

4. Risiko Tambahan Lain

Selain pikun dini, ternyata masih ada dampak lain yang bisa ditimbulkan oleh radiasi akibat penggunaan smartphone secara terus-menerus lho. Salah satu yang paling berbahaya adalah gejala dan serangan kanker. Ya, salah satu penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

Selain kanker, berbagai penyakit dari yang ringan sampai berat semisal gangguan mata, iritasi kulit hingga insomnia alias susah tidur adalah beberapa gejala dan penyakit yang bisa kamu alami akibat penggunaan smartphone secara nonstop. Apalagi buat kamu yang suka banget gaming di smartphone.

Kata Pengakhir

Itulah 4 fakta Telepon Pintar yang membuktikan bahwa radiasi Telepon Pintar bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk pikun dini buat kamu yang masih berusia muda. Gimana? Masih mau mengabaikan nasihat orang tua untuk gak menggunakan Telepon Pintar secara berlebihan? Lebih baik jaga kesehatan kamu baik-baik ya.

Komentar